Senin, 12 Maret 2012

Iklan & Acara Televisi Pengaruhi Tumbuh Kembang Anak

SELAIN keluarga dan sekolah, lingkungan bermain pun memiliki peran besar dalam memengaruhi tumbuh kembang anak. Karenanya, berhati-hatilah memilihkan lingkungan bermain bagi buah hati Anda.

Lingkungan bermain yang menjadi arena keseharian anak-anak memang perlu diseleksi seketat mungkin. Bukan saja teman-teman bermain mereka, tapi juga lingkungan sehat dalam soal tayangan televisi yang ditontonnya.

Tak ditampik, pengaruh televisi dan iklan yang sering bersliweran dapat membawa pengaruh buruk bagi perkembangan buah hati. Psikolog anak Seto Mulyadi mengatakan, bahwa hal tersebut sebenarnya memang wajar, akan tetapi semuanya dapat dicegah bila lingkungan dapat membantu memberikan perilaku positif kepada anak-anak.

“Iklan dan tayangan televisi memiliki andil yang penting mengenai hal ini. Tanpa disadari, iming-iming yang tertera pada sebuah iklan memengaruhi pikiran anak yang melihatnya,” tutur psikolog yang kerap disapa Kak Seto ketika berbincang dengan okezone via telepon selularnya, Jumat (2/3/2012).

Tidak hanya kekerasan yang diterima anak, akan tetapi media yang berada di lingkungan sekitarnya pun dapat memengaruhi pola kembang anak. Untuk itu, orangtua perlu menjadi jembatan yang kokoh dalam memilihkan lingkungan yang positif untuk mendukung tumbuh kembangnya.

“Orangtua selain menjadi pendengar bagi anak dapat juga berbincang dengan anak melalui bahasa anak yang sesuai. Berbincang dari hati ke hati adalah antisipasi ampuh agar anak mengerti mengenai kehidupan diluar sana,” tandas pria berkacamata ini.

Meski lingkungan sekitar memberi dampak bagi pertumbuhan anak, Kak Seto mengingatkan agar orangtua perlu bijak dalam menyikapi semua hal itu. Pasalnya, perlindungan terbesar yang bisa didapatkan oleh anak hanyalah dari rumah dan orangtuanya.

“Orangtua jangan pernah menutup mata atas sikap tidak perhatian atau acuh yang secara tidak sadar mereka tunjukkan pada sang anak,” tutupnya.


okezone.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar